Artikel

10 Cara Belajar yang Buruk

Kamu udah nyoba 10 cara belajar yang baik tapi tetep nilai masih kurang? Masih tetep ngga paham apa-apa saat belajar? Mungkin kamu masih melakukan hal-hal berikut ini yaitu 10 cara belajar yang buruk, segera baca dan tinggalkan hal tersebut ya. 1. Pasif mengulang bacaan. Duduk dengan pasif dan membaca kembali halaman demi halaman. Jika kamu tidak yakin… Continue reading 10 Cara Belajar yang Buruk

Artikel

10 Cara Belajar yang Baik

Pernah ngga sih kamu ngerasa belajarnya udah bener tapi nilai masih juga dibawah rata-rata? Atau ternyata kamu sendiri tau kalo cara belajarmu salah, tapi ngga tau yang bener gimana? Nih kali ini ada artikel bagus buat kamu. Yaitu 10 cara belajar yang baik menurut Barbara Oakley,  PhD, PE. 1. Mengingat Kembali. Setelah kamu membaca halaman, berhenti sejenak, alihkan… Continue reading 10 Cara Belajar yang Baik

Artikel

Sebuah Tulisan dari A’a Lincah: Bubur Ayam Tidak Diaduk, Sebuah Keyakinan yang Hakiki

Kemaren-kemaren ada sebuah tulisan yang sempet bikin heboh dunia per-bubur ayam-an. A’a Lincah, penulis di apaan.co, mencetuskan mahzab bubur itu ga boleh diaduk. Sebuah mahzab yang berlandaskan tatanan kehidupan yang hakiki. Berikut tulisannya. Sebelum membaca tulisan ini, ada baiknya kalian semua gue peringatkan. Konten tulisan ini sensitif, menyinggung keyakinan. Ada kemungkinan keyakinan kalian akan goyah setelah membaca… Continue reading Sebuah Tulisan dari A’a Lincah: Bubur Ayam Tidak Diaduk, Sebuah Keyakinan yang Hakiki

Artikel

Mathematics Lessons from Finland and Sweden

Finland and Sweden have a good mathematics education, traditional classroom in there are very similar in the United States. Classes began with checking homework and questions, followed by the teacher giving instruction in the new material, and ended with students working on their new assignment. The mathematics lesson study in Finland is emphasis on problem… Continue reading Mathematics Lessons from Finland and Sweden

Sastra

Kopi

Hei kamu, pecinta kopi Aku selalu inget kamu tiap minum kopi Soalnya kamu seperti kopi Iya seperti kopi Sebagai penyemangat di pagi hari Dan juga teman lembur di malam hari Iya seperti kopi Pahitnya kamu Manisnya kamu Iya seperti kopi Menghangatkan selayaknya kopi panas Namun seringkali dingin ketika terlupa Iya seperti kopi Kadang ada ampasnya… Continue reading Kopi

Sastra

Surat Cinta

Selamat siang. Sehat, Sya? Awalan yang klise, bukan? Tapi biarlah ini menjadi seperti surat kebanyakan. Guru-guru dimasa lalu agaknya telah berhasil menyelipkan satu potong informasi ini dalam ingatan. Hingga aku begitu kesulitan menemukan kata sapaan lain agar tak mesti melulu membosankan. Ah, tapi disudahi dulu saja basa-basi ini. Kita masih punya banyak waktu untuk bercakap,… Continue reading Surat Cinta